Beranda » Info Terbaru » Berita » Resensi – “Bertahan Di Wuhan” jadi contoh “gerak cepat” lawan COVID-19

Resensi – “Bertahan Di Wuhan” jadi contoh “gerak cepat” lawan COVID-19

Resensi -

Reservasi Sewa Bus Dan Mobil Di Bali

Denpasar (Berita) – Seolah menemukan momentumnya, buku “BERTAHAN DI WUHAN : Kesaksian Wartawan Indonesia di Tengah Pandemi Corona” yang ditulis wartawan LKBN Berita M. Irfan Ilmie dan diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama, Kompas Gramedia Building, Jakarta, pada awal April 2020, bukanlah sekadar “meramaikan” arus informasi Pandemi COVID-19.

Ya, buku dengan 103 halaman yang cukup dibeli dengan merogoh kocek Rp50.000 untuk versi cetak atau Rp49.500 untuk versi digital dengan mengunduh di https://ebooks.gramedia.com/books/bertahan-di-wuhan-kesaksian-wartawan-indonesia-di-tengah-pandemi-corona itu menyajikan informasi dari lokasi dan narasumber yang utama dengan akurasi tinggi.

“Pada awal merebaknya wabah virus Corona (COVID-19) di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, informasi dan pemberitaan mengenai virus mematikan itu sangat beragam,” kata Duta Besar RI untuk Tiongkok dan Mongolia, Djauhari Oratmangun, dalam kata pengantar pada buku dengan ISBN: 978-602-06-4149-2 dan ISBN Digital: 978-602-06-4150-8 itu.

Namun, keberadaan perwakilan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Berita di Beijing dengan reportase hariannya yang disebarkan ke seluruh pelosok Tanah Air, membuat masyarakat Indonesia, terutama keluarga para warga negara Indonesia yang sedang berada di wilayah Tiongkok, khususnya yang tinggal di Kota Wuhan sedikit bernafas lega.

“Saudara M. Irfan Ilmie yang ditugaskan LKBN Berita untuk melakukan pekerjaan jurnalistik di wilayah daratan Tiongkok senantiasa menyampaikan laporannya kepada masyarakat Indonesia tentang situasi dan kondisi yang terjadi di Kota Wuhan dan wilayah Tiongkok pada umumnya dengan pengamatan langsung di lapangan dan dari sumber-sumber yang otoritatif,” katanya.

Dari liputan Irfan yang selalu bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia dan kantor-kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Tiongkok itu, katanya, para keluarga di Tanah Air dapat menerima informasi dari sumber berita resmi yang akurat, sehingga mengurangi kepanikan psikologis keluarga WNI di Kota Wuhan yang saat itu sempat mencekam akibat diberlakukan isolasi wilayah (lockdown).

“Tentunya, melalui buku ‘BERTAHAN DI WUHAN: Kesaksian Wartawan Indonesia’ yang ditulis Saudara M. Irfan Ilmie itu dapat memberi gambaran kepada pembaca tentang bagaimana WNI, utamanya yang saat itu bertahan di pusat episentrum wabah COVID-19 dapat keluar dari situasi sulit dan mencekam,” katanya.

Selanjutnya, Tim Aju dari KBRI Beijing melaksanakan tugas kemanusiaan untuk mengevakuasi 238 WNI dari semula berjumlah 245 di Provinsi Hubei.

Di tengah situasi sulit itu, atas koordinasi dan kerja sama lintas kementerian, termasuk Kementerian Luar Nageri, proses evakuasi WNI dari Provinsi Hubei itu berlangsung lancar. Proses evakuasi, observasi, dan pemulangan para WNI ke kampung halaman masing-masing itu perlu diapresiasi.

“Dengan terbitnya buku ini, saya mengucapkan apresiasi kepada saudara M.Irfan Ilmie yang telah berkontribusi menyampaikan informasi dan berita yang mengedukasi masyarakat Indonesia, yang akhirnya diikuti media-media arus utama lainnya yang turut menyampaikan pemberitaan kepada masyarakat di Tanah Air,” katanya.

Hal itu juga diakui Dirut Perum LKBN Berita, Meidyatama Suryodiningrat, dalam kata pengantar pada buku yang ditulis jurnalis kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, yang sempat menjadi santri di Pondok Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dan bergabung menjadi kontributor LKBN Berita Biro Jatim sejak 2002 itu.

“Bersyukur, LKBN Berita menempatkan seorang wartawan, M. Irfan Ilmie, sebagai representasi atau perwakilan resmi Kantor Berita Republik Indonesia di negeri Tirai Bambu sehingga dapat berkontribusi nyata dalam menyampaikan informasi dan berita kepada masyarakat Indonesia melalui kanal BeritaNews.com,” katanya.

Sejak bertugas di Beijing pada tahun 2017, M. Irfan Ilmie telah melakukan liputan terkait peristiwa-peristiwa yang terjadi di wilayah daratan China, baik menyangkut bidang sosial budaya, ekonomi, dan politik, termasuk peristiwa mutakhir yang menggemparkan dunia itu, yaitu wabah COVID-19.

“Dengan penguasaan bahasa Mandarin yang memadai dan sebagai satu-satunya wartawan Indonesia yang terakreditasi resmi di China, Saudara Irfan Ilmie sering kali dipercaya otoritas setempat untuk melakukan liputan lapangan ke sejumlah wilayah, termasuk Daerah Otonomi Xinjiang yang terlarang bagi sebagian awak media,” katanya.

Reportase Irfan Ilmie tentang wabah virus Corona di Kota Wuhan dan wilayah-wilayah lainnya di negeri Tirai Bambu, tentu memiliki warna tersendiri karena dia bergumul dan bersentuhan langsung dengan beberapa narasumber saat situasi mencekam.

Informasi dan pemberitaan mengenai wabah, termasuk kerja keras pemerintah China dalam pencegahan dan penanganannya, yang digambarkan secara gamblang, efektif, dan cepat itu diharapkan menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi para pembaca buku ini sehingga wabah yang terus menghantui penduduk dunia itu dapat diatasi dengan cepat.

Gerak Cepat Tanpa Debat
Ya, sang penulis cukup gamblang, akurat, dan utuh dalam menyajikan reportase (dalam buku) itu, mulai dari Saat-Saat Mencekam 23 Januari, Curhat Korban Perundungan, Tim Lima di Sarang Corona, Kematian sang Dokter, Ular atau Kelelawar, Islam pun Tersangkut, Polisi Sarolangun dan Arsitek Kelahiran Jember, Telepon Xi kepada Jokowi, Pencabutan Subsidi hingga Hukuman Mati, Lockdown, Brutalisme Sosialis yang (Akhirnya) Diadopsi, Detik-Detik Meninggalkan China, Swakarantina, dan sebagainya.

Dalam reportase, Irfan sempat memotret kontroversi soal sumber wabah saat awal merebaknya wabah virus Corona di kota Wuhan, China, akhir Desember 2019.

Pencermatan sementara beberapa peneliti, virus mematikan yang diberi nama COVID-19 itu bersumber dari hewan liar yang diperjualbelikan di pasar Huanan Sea Food Market, Wuhan. Sementara yang lain berasumsi bahwa sumber virus bukan dari mikro organisme, tetapi ciptaan manusia.

Terlepas dari kontroversi itu, reportase harian itu pun memuat cerita dan kisah-kisah menarik dalam kondisi mencekam karena serangan virus Corona baru yang mengancam China.

Selain itu, buku ini juga mengulas penanganan virus Corona, baik yang dilakukan pemerintah China maupun pemerintah Indonesia, karena ratusan WNI (mahasiswa/TKI) berada di pusat epidemik itu.

Irfan menggambarkan komando pemerintah pusat di Beijing dengan istilah “Gerak Cepat Tanpa Debat” saat virus Corona merebak semakin masif di kota Wuhan pada liburan perayaan festival musim semi (Spring Festival atau Imlek) yang tentunya menghentak warga yang tinggal di wilayah Provinsi Hubei, tepatnya di kota Wuhan dan warga lainnya (baik lokal maupun asing) di wilayah China.

Dengan merebaknya virus tersebut, koordinasi pemerintah daerah dan kemudian komando pemerintah pusat di Beijing untuk langkah-langkah preventif dilakukan begitu cepat.

Kota Wuhan dan beberapa kota lainnya yang berbatasan, ditutup (lockdown) sehingga arus transportasi dari dan ke Wuhan lumpuh. Tetapi, persediaan makanan di supermarket tetap dikontrol demi ketersediaan.

Pekerja alat-alat kesehatan di pabrik-pabrik yang semestinya menikmati liburan Imlek, harus tetap bekerja untuk memenuhi ketersediaan kebutuhan perlengkapan medis. Tim medis sipil maupun militer dari berbagai Provinsi di China dalam waktu singkat turut gotong royong menangani pasien terpapar virus tersebut.

Dalam situasi darurat seperti itu, informasi dan imbauan pemerintah untuk menjaga warga, tak terkecuali warga negara asing, sudah tersebar luas dan cepat di pintu-pintu masuk permukiman warga (apartemen).

Mereka mengimbau warga mengurangi aktivitas di luar rumah dan tempat-tempat keramaian. Warga diminta melapor kepada petugas melalui hotline centre yang beroperasi 24 jam apabila terjadi sesuatu berkaitan dengan kesehatan.

Di pintu-pintu masuk parkiran permukiman sudah terpasang thermal scan untuk memonitor kondisi kesehatan melalui pengukuran suhu tubuh, termasuk memonitor kendaraan yang pernah ke Wuhan beberapa hari sebelumnya melalui teknologi data terpusat sehingga warga benar-benar disteril dari kemungkinan terinfeksi wabah virus Corona maut itu.

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) lewat koordinasi dengan daerah, secara berkala melakukan update data terkait jumlah pasien terpapar visrus Corona dan langkah-langkah penanganannya.

Langkah pemerintah yang mengundang decak kagum banyak orang di berbagai belahan dunia adalah instruksi pendirian Rumah Sakit (houshenshan) untuk dibangun hanya dalam hitungan hari (24 Januari – 4 Februari 2020) sudah bisa menampung pasien.

Dalam laporan Saluran Televisi China berbahasa Inggris, China Global Television Network (CGTN), ratusan juta orang menonton proses detik-detik pendirian Rumah Sakit itu. Instruksi pemerintah pusat-pemerintah China dalam menanggulangi wabah virus Corona tersebut perlu mendapat acungan jempol.

“Efektivitas Manajemen Bencana yang dijalankan menjadi pembelajaran yang sangat baik. Instruksi itu begitu cepat terealisasi tanpa perdebatan-perdebatan di ruang publik,” kata Irfan yang pernah menjadi Asisten Manajer Pemberitaan LKBN Berita Biro Bali (2011-2014) dan pewarta di Istana Wakil Presiden RI (2015-2016).

Dalam buku pertama tentang virus COVID-19 itu, Irfan juga memotret penanganan WNI di Wilayah terdampak, khususnya di Provinsi Hubei, yang sesungguhnya tidak semudah proses evakuasi warga Amerika Serikat dan Australia, yang merupakan para ‘diplomat dan keluarga mereka’ yang berdinas di Kantor Konsulat Jenderal di kota Wuhan.

Sementara pemerintah Indonesia harus mengevakuasi WNI (Mahasiswa/TKI) yang tinggal di beberapa kota dengan jarak ratusan kilometer dari Wuhan.

Akhirnya, di tengah suara kritis orang Indonesia yang tidak tahu kondisi sebenarnya itulah, kerja sama serta koordinasi lintas Kementerian (Kemenlu, Kemenkes, Kemenhub, TNI, dan KBRI Beijing) berjalan baik dan berhasil melakukan evakuasi pada 238 WNI dari sejumlah kota di Provinsi Hubei, kendati ada tiga WNI yang tertunda pulang, karena suhu tubuh tiba-tiba naik hingga 38 derajat. Tidak ketinggalan dukungan moril dari seorang polisi di sana.

Ya, Irfan sebagai seorang jurnalis telah memberi gambaran bagaimana virus mematikan itu begitu cepat menular dan bagaimana pemerintah China juga melakukan langkah-langkah cepat dengan komando dan instruksi-instruksi yang tegas tanpa debat guna meminimalkan korban terpapar, serta langkah pemerintah RI menunjukkan kehadiran negara untuk melindungi warganya di saat-saat darurat. Buku ini memiliki arti penting dan monumental dalam melawan “virus informasi” lewat media sosial yang justru “mengorbankan” jiwa.

 

Mohon bantuan Anda untuk SUBSCRIBE » channel Youtube seputar Bali dan Indonesia KLIK DISINI » Terima kasih.

Sumber informasi Artikel » Berita » Otomotif » Wisata » dan lain-lain terkadang berasal dari berbagai sumber situs media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Cari Info Terbaru »

Reservasi Online Sewa Bus Dan Mobil Di Bali

Sewa Bus Dan Mobil Di Bali

Sewa Bus Di Bali. Sewa Bus Pariwisata Di Bali. Harga Sewa Dengan Pelayanan Terbaik. Reservasi Online Mudah Dan Cepat. Layanan 24 Jam. Situs resmi BAGUS Transport Bali.

Sewa Bus Pariwisata Di Bali

Kenapa Anda harus memilih menggunakan layanan sewa bus pariwisata di Bali bersama BAGUS Transport Bali?

  • BAGUS Transport Bali memiliki legalitas badan hukum berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) bernama PT. Rifky Bagus Makmur.
  • BAGUS Transport Bali terdaftar sebagai penyelenggara angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek untuk keperluan pariwisata (Layanan Transportasi Pariwisata Di Bali) yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek (Permenhub 32/2016).
  • BAGUS Transport Bali juga tergabung dalam Persatuan Angkutan Wisata Bali (PAWIBA).

Sewa Bus Terbaik Di Bali

Sebagai perusahaan angkutan orang tidak dalam trayek untuk keperluan pariwisata wajib untuk:

  • Memiliki dan mengoperasikan armada sewa bus terbaik.
  • Memiliki tempat penyimpanan (Garasi/Pool) armada sewa bus terbaik.
  • Menyediakan fasilitas pemeliharaan armada sewa bus terbaik.
  • Mempekerjakan pengemudi yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Umum sesuai golongan armada sewa bus terbaik.

Reservasi Mudah Dan Cepat

  • Reservasi atau pemesanan layanan transportasi BAGUS Transport Bali online 24 jam untuk memudahkan proses reservasi atau pemesanan layanan transportasi pariwisata di Bali.

Spesialis Transportasi Pariwisata

  • Kami berpengalaman melayani jutaan masyarakat Bali pada khususnya serta wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang untuk liburan di Bali maupun berbisnis di Bali sejak tahun 2008.

Prioritas Utama Kenyamanan

  • Driver dan crew kami senantiasa mendapatkan pelatihan secara reguler guna memberikan kenyamanan transportasi pariwisata yang profesional sepanjang hari.

Galeri Video

Youtube Channel »

Harga Sewa Bus Di Bali

Berikut ini kami infokan harga sewa bus per jam, harga paket sewa bus, harga sewa bus untuk antar jemput, harga sewa bus untuk antar jemput bandara (airport shuttle bus) dan harga sewa mobil box di Bali.

  • Harga sewa bus di Bali sudah termasuk bus pariwisata, sopir/crew dan bahan bakar sesuai pemakaian.
  • Harga sewa bus belum termasuk biaya parkir dan biaya masuk jalan toll jika melewati.
  • Harga sewa bus berlaku untuk penjemputan di area Denpasar dan sekitarnya termasuk Sanur, Kuta, Seminyak, Legian, Jimbaran dan bandara Internasional Ngurah Rai.
  • Jika Anda memutuskan untuk melakukan pemesanan dengan menggunakan layanan lebih dari 2 (dua) hari kami berikan penawaran harga diskon sewa bus pariwisata.
  • Pastikan Anda telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan BAGUS Transport Bali.
  • Anda dapat juga melakukan pemesanan dengan cara datang langsung pada jam kerja ke lokasi kantor BAGUS Transport Bali.
  • Harga sewa bus sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Dapatkan Penawaran Harga Sewa Bus Dan Mobil Di Bali »

Layanan Sewa Bus Di Bali

BAGUS Transport Bali melayani seluruh wilayah Bali dan sekitarnya termasuk sewa bus di Denpasar, sewa bus di Badung, sewa bus di Tabanan, sewa bus di Jembrana - sewa bus di Negara, sewa bus di Singaraja - sewa bus di Buleleng, sewa bus di Karangasem - sewa bus di Amlapura, sewa bus di Bangli, sewa bus di Semarapura - sewa bus di Klungkung, sewa bus di Gianyar. Kami juga menyediakan paket sewa bus pariwisata untuk group wisata di Bali.

Sewa Bus Di Bali

  • Armada sewa bus pariwisata terbaru kami dilengkapi dengan fasilitas AC, TV, Audio, Karaoke, Reclining Seat dengan kapasitas tempat duduk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda serta untuk kenyamanan Anda selama berada di Bali.

Sewa Mobil Di Bali

  • Armada sewa mobil pariwisata kami tersedia dalam beberapa merk dan type mobil seperti Toyota, Suzuki, Honda, Daihatsu dan lain-lain.

Sewa Mini Bus Di Bali

  • Armada sewa mini bus pariwisata terbaru kami antara lain Toyota Hiace dan Isuzu ELF dilengkapi dengan fasilitas AC, TV, Audio, Karaoke, Reclining Seat.

Sewa Mobil Box Di Bali

Sewa mobil box di Bali untuk segala keperluan membawa barang-barang antara lain tas, koper, oleh-oleh, event wedding, outbound dan lain-lain.

Reservasi Sewa Bus Di Bali

Untuk reservasi online dan keterangan lebih lanjut tentang kami silahkan hubungi kami melalui menu Telepon atau Chat WhatsApp untuk mendapatkan harga promo terbaru dan termurah dari kami.

Jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga. Kami siap memberikan Info Terbaru » yang Anda butuhkan di Bali.

Layanan Pelanggan

  • Dukungan layanan pelanggan kami selalu siaga untuk melayani dan memastikan layanan transportasi yang kami berikan dapat memuaskan pengguna kami.
  • Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda ingin mendapatkan harga dengan pelayanan terbaik di Bali.
  • Hubungi kami untuk mendapatkan informasi tentang harga promo BAGUS Transport Bali.
  • Gunakan Telepon atau chat WhatsApp untuk mendapatkan informasi ketersediaan unit untuk melayani transportasi wisata Anda selama di Bali.
  • Kami akan memberikan informasi harga sewa dengan pelayanan terbaik di Bali sesuai kebutuhan transportasi untuk Anda selama di Bali.

Jam Kerja

  • Senin sampai dengan Jumat mulai jam 08:00 s.d. 17:00 Wita.
  • Sabtu mulai jam 10:00 s.d. 15:00 Wita.
  • Minggu dan Hari Raya/Hari Libur Nasional: TUTUP.
  • Operasional dan Reservasi Online » Nonstop 24 Jam.

Alamat

Jalan Raya Pemogan No.222, Pemogan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar Bali 80221 Indonesia

Lokasi Sewa Bus Di Bali

Petunjuk Arah »

Ketentuan Sewa Bus Di Bali

Pastikan Anda telah membaca syarat dan ketentuan BAGUS Transport Bali di bawah ini:

Pembayaran

  • Uang muka (deposit) minimal 50 (lima puluh) persen dari total biaya sewa dibayarkan saat pemesanan unit.
  • Pemesanan unit dianggap sah jika uang muka (deposit) telah dibayarkan kepada BAGUS Transport Bali.
  • Pelunasan sisa pembayaran total biaya sewa wajib dilakukan paling lambat 2 (dua) hari sebelum tanggal pemakaian.

Pembatalan

  • Pembatalan sepihak dari Anda dengan atau tanpa pemberitahuan 2 (dua) hari atau 1 (satu) hari sebelum tanggal pemakaian (hari H) dikenakan biaya ganti rugi sebesar 50 (lima puluh) persen dari total biaya sewa.
  • Pembatalan sepihak dari Anda dengan atau tanpa pemberitahuan pada tanggal pemakaian (hari H) maka total biaya sewa yang telah Anda bayarkan dinyatakan hangus 100 (seratus) persen dan tidak ada pengembalian biaya sewa.
  • Pembatalan pada tanggal pemakaian (hari H) yang diakibatkan keterlambatan, kelalaian atau kesalahan pihak kami maka seluruh total pembayaran biaya sewa akan kami kembalikan 100 (seratus) persen kepada Anda.
  • Pembatalan pada tanggal pemakaian (hari H) yang di sebabkan oleh force majeure seperti pembatalan penerbangan oleh maskapai penerbangan maka tidak ada pengembalian biaya sewa.

Deposit

  • Anda dapat melakukan pembayaran uang muka (deposit) dengan cara datang langsung pada jam kerja ke kantor BAGUS Transport Bali.
  • Kami menghargai waktu Anda yang berharga dan untuk memudahkan Anda juga dapat melakukan pembayaran uang muka (deposit) melalui transfer Bank ke nomor rekening resmi BAGUS Transport Bali.

Kebijakan Privasi

Kapan Kami Mengumpulkan Informasi

  • Kami mengumpulkan informasi hanya ketika Anda mendaftar, masuk ke akun, melakukan reservasi dan/atau ketika Anda keluar.
  • Data yang dikumpulkan mencakup nama, email dan nomor telepon.
  • Selain itu, kami menerima dan merekam informasi secara otomatis dari komputer dan peramban termasuk alamat IP, perlengkapan perangkat keras dan lunak serta halaman yang di akses.

Kapan Kami Menggunakan Informasi

Segala informasi yang kami kumpulkan digunakan untuk:

  • Personalisasi pengalaman dan tanggapan sesuai kebutuhan.
  • Menyediakan konten yang disesuaikan untuk meningkatkan situs kami.
  • Meningkatkan layanan pelanggan dan menghubungi melalui email atau nomor telepon.

Bagaimana Kami Melindungi Informasi

  • Kami adalah pemilik tunggal dari informasi yang dikumpulkan pada situs ini.
  • Informasi tidak akan dijual, dipertukarkan, di transfer atau diberikan kepada pihak lain dengan alasan apa pun tanpa mendapatkan izin.
  • Informasi digunakan hanya semata-mata untuk memenuhi permohonan dan/atau informasi reservasi kepada kami.
  • Kami mengikutkan pihak ketiga terpercaya yang membantu kami dalam mengoperasikan situs kami selama semua pihak setuju untuk menjaga kerahasiaan informasi.
  • Kami meyakini akan pentingnya berbagi informasi dalam rangka menyelidiki, mencegah atau mengambil tindakan menyangkut aktivitas ilegal, dugaan penipuan, keadaan yang melibatkan ancaman terhadap keamanan fisik seseorang, pelanggaran atas syarat-syarat penggunaan atau hal lain yang diwajibkan oleh hukum
  • Kami menerapkan berbagai langkah keamanan guna menjaga keamanan informasi pribadi.
  • Kami menggunakan enkripsi teknologi mutakhir untuk memproteksi informasi sensitif yang dikirimkan secara online.
  • Kami juga memproteksi informasi secara offline.
  • Komputer/server yang digunakan untuk menyimpan informasi disimpan dalam lingkungan yang aman.

Apakah Kami Menggunakan Cookie?

  • Ya, kuki meningkatkan akses ke situs kami. Namun, penggunaan kuki (cookie) tidak dikaitkan dengan informasi pribadi pada situs kami.
  • Kami menggunakan cookie untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk mengingat preferensi Anda, menghitung jumlah kunjungan ke halaman yang kami terima, membantu Anda mendaftar ke layanan kami, melindungi data Anda.
  • Cookie adalah sekelumit teks yang dikirim ke browser Anda oleh situs yang Anda kunjungi. Cookie membantu situs mengingat informasi mengenai kunjungan Anda seperti bahasa pilihan Anda dan setelan lainnya.
  • Hal tersebut dapat membuat kunjungan Anda berikutnya jadi lebih mudah dan situs menjadi lebih berguna bagi Anda. Cookie memainkan peran penting. Tanpanya, menggunakan web akan menjadi pengalaman yang jauh lebih menyulitkan.

Dengan menggunakan situs kami maka Anda telah setuju dengan kebijakan privasi kami.

Reservasi Online Sewa Bus Dan Mobil Di Bali