Beranda » Info Terbaru » Berita » Mewaspadai pasar tradisional jadi klaster COVID-19 di Bali

Mewaspadai pasar tradisional jadi klaster COVID-19 di Bali

Mewaspadai pasar tradisional jadi klaster COVID-19 di Bali

Reservasi Sewa Bus Dan Mobil Di Bali

Denpasar (Berita) – Hingga saat ini, Bali belum sepenuhnya menjadi wilayah yang bersih dari persebaran pandemi COVID-19. Bahkan, diduga telah muncul klaster baru yang menjadi pusat penularan penyakit membahayakan akibat virus corona jenis baru itu, yakni sejumlah pasar tradisional.

Karena itu Sekda Provinsi Bali yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra menginstruksikan pembentukan satuan tugas atau posko pengawasan dan penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan di seluruh pasar tradisional di Pulau Dewata.

“Keberadaan satgas/posko ini diharapkan bisa melakukan pengawasan day to day untuk mencegah munculnya klaster baru di pasar tradisional,” kata Dewa Indra saat melaksanakan rakor secara daring yang melibatkan unsur TNI/Polri dan pemerintah kabupaten/kota, di Denpasar, Selasa (30/6).

Dewa Indra menyebut upaya pengendalian penyebaran COVID-19 di pasar tradisional menjadi fokus dan perhatian gugus tugas, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Hal ini mengingat penambahan kasus positif COVID-19 belakangan ini didominasi oleh klaster pasar.

Ia merinci sejumlah pasar yang menjadi klaster penyebaran COVID-19, yaitu Pasar Kidul Bangli, Pasar Bon Dalem Buleleng, Pasar Kumbasari Denpasar dan Pasar Galiran Klungkung.

Di Pasar Kidul, kasus positif COVID-19 pertama kali ditemukan pada seorang tukang suwun (buruh angkut) yang kemudian menular pada sejumlah pedagang dan keluarganya. Berikutnya ada Pasar Bon Dalem, bahkan Pemkab Buleleng sempat melakukan karantina wilayah untuk mengunci penyebaran COVID-19.

Belakangan muncul klaster penyebaran baru di dua pasar besar, yaitu Pasar Kumbasari Denpasar dan Pasar Galiran Kabupaten Klungkung. Klaster Pasar Kumbasari menjadi penyumbang terbesar penambahan angka positif COVID-19 di Kota Denpasar.

Penanganan dan langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di pasar tradisional memang sudah dilakukan GTPP provinsi dan kabupaten/kota. GTPP COVID-19 Provinsi Bali berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri dan turun bersama untuk melakukan pengawasan dan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional.

Hanya saja, kata Dewa Indra, GTPP provinsi tak mungkin bisa menjangkau seluruh pasar tradisional yang jumlahnya ribuan dan tersebar di seluruh Bali. Ia berharap, langkah yang ditempuh oleh provinsi dapat dijadikan percontohan oleh GTPP kabupaten/kota.

Supaya pengawasan dapat dilakukan dari hari ke hari, Dewa Indra mendorong dibentuknya satgas/posko di setiap pasar tradisional, baik yang dikelola oleh pemerintah maupun desa adat. Dalam pembentukan satgas/posko ini, pengelola pasar bisa bekoordinasi dan berkolaborasi dengan unsur TNI/Polri, disperindag dan desa adat.

Satgas inilah, katanya, yang nantinya setiap hari bertugas mengawasi dan mendisiplinkan para pedagang dan pengunjung pasar dalam penerapan protokol kesehatan.

“Ingatkan soal penggunaan masker yang baik dan benar, arahkan pengunjung pasar agar mencuci tangan ketika masuk dan keluar pasar. Khusus untuk cuci tangan, satgas juga punya tugas memastikan ketersediaan air dan sabun cuci tangan. Jangan sampai mengarahkan, namun airnya tak mengalir, sabun juga habis,” ujarnya.

Dengan ditangani oleh suatu organisasi, birokrat asal Buleleng ini berharap pengawasan dan penegakan disiplin di pasar bisa dilakukan secara berkesinambungan. Kalau hanya pemasangan pamflet atau poster itu sifatnya hanya insidentil. Lebih dari itu, satgas juga diharapkan bisa memberikan edukasi secara terus-menerus.

Dengan langkah ini, ia berharap tak ada lagi pasar tradisional yang menjadi klaster baru penyebaran COVID-19 karena pasar tradisional merupakan tempat yang rentan sebagai penularan COVID-19. Sebagaimana diketahui, katanya, sangat sulit menerapkan protokol kesehatan menjaga jarak fisik pada jam buka pasar.

“Yang mengkhawatirkan, pedagang dan pengunjung pasar didominasi oleh kelompok ibu-ibu usia rentan. Biasanya yang berjualan dan pengunjung kebanyakan ibu-ibu yang usianya masuk kelompok rentan dalam penularan COVID-19. Itulah yang menyebabkan waktu perawatan pada pasien menjadi lebih lama karena imun tubuh sudah menurun seiring usia,” ujar Dewa Indra.

Hal itu memberi gambaran bahwa kasus positif COVID-19 di Bali telah menyentuh lapisan kelompok lanjut usia, yang sekali kena akan lebih sulit untuk sembuh dan dapat mengancam keselamatan jiwa mereka.

Kelompok ini, menurut Made Indra, wajib dilindungi. Oleh sebab itulah pihaknya mengingatkan agar daerah di Bali harus lebih fokus memberi perhatian pada penguatan sistem pencegahan penyebaran COVID-19 di pasar tradisional.

Untuk mengetahui apakah pasar terpapar COVID-19 atau tidak, ia menyarankan untuk dilakukan rapid test. Meningat tak mungkin melakukan rapid test bagi seluruh pedagang, rapid test bisa dilakukan dengan pola pengambilan sampel dengan memilih beberapa pedagang. “Jika kedapatan satu saja hasil reaktif, maka harus ditindaklanjuti dengan rapid test massal,” ujarnya.

Pada bagian lain, Dewa Indra juga mengajak pengelola pasar menumbuhkan budaya malu. Malu kalau pasar yang mereka kelola menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

“Kita semua juga harus ingat dengan tanggung jawab moral. Ada rasa bersalah bila kelalaian kita menimbulkan korban. Jadi mari lakukan upaya semaksimal mungkin. Kalau semua upaya telah dilakukan maksimal tapi tetap ada kasus, itu soal lain,” ujarnya.

Diapun mendorong pengelola pasar untuk menerapkan sistem jual beli online dan pembayaran nontunai. Dengan demikian, pasar tetap akan menjadi tempat yang produktif dan tetap aman COVID-19.

Sementara itu, Kasatpol PP Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai Darmadi mengatakan pihaknya telah turun ke 19 pasar tradisional dan enam supermarket untuk melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan.

Menurutnya, masyarakat belum sepenuhnya taat dan tertib dalam menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, rajin mencuci tangan dan jaga jarak.

Ia juga mengingatkan konsistensi petugas pengawasan. Jangan sampai poskonya ada, petugasnya tak ada.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Pemprov Bali Wayan Jatra menambahkan keberadaan pasar tumpah yang paling sulit dikendalikan. Oleh karena itu, ia berharap agar pengelola pasar lebih proaktif.

Jajaran TNI/Polri yang mengikuti rakor dari kantor masing-masing sepakat mendukung upaya GTPP provinsi dan kabupaten/kota dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Daerah Bali.

Secara akumulatif pasien positif COVID-19 Provinsi Bali hingga Selasa (30/6) berjumlah 1.493 orang, sedangkan yang sudah sembuh ebanyak 798 orang. Hari ini terdapat satu pasien COVID-19 di Kota Denpasar meninggal dunia sehingga total pasien yang meninggal menjadi 14 orang. Saat ini pasien positif yang masih dalam perawatan (kasus aktif) tersisa sebanyak 681 orang.

Untuk penambahan 49 pasien baru pada Selasa (30/6) masih didominasi oleh penularan karena transmisi lokal, yaitu sebanyak 47 kasus, satu orang pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dan satu orang pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Penambahan kasus trasmisi lokal terbanyak di Kota Denpasar sebanyak 19 dan Bangli 18 orang.

bali.antaranews.com »

Mohon bantuan Anda untuk SUBSCRIBE » channel Youtube seputar Bali dan Indonesia KLIK DISINI » Terima kasih.

Sumber informasi Artikel » Berita » Otomotif » Wisata » dan lain-lain terkadang berasal dari berbagai sumber situs media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Cari Info Terbaru »

Reservasi Online Sewa Bus Dan Mobil Di Bali

Sewa Bus Dan Mobil Di Bali

Sewa Bus Di Bali. Sewa Bus Pariwisata Di Bali. Harga Sewa Dengan Pelayanan Terbaik. Reservasi Online Mudah Dan Cepat. Layanan 24 Jam. Situs resmi BAGUS Transport Bali.

Sewa Bus Pariwisata Di Bali

Kenapa Anda harus memilih menggunakan layanan sewa bus pariwisata di Bali bersama BAGUS Transport Bali?

  • BAGUS Transport Bali memiliki legalitas badan hukum berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) bernama PT. Rifky Bagus Makmur.
  • BAGUS Transport Bali terdaftar sebagai penyelenggara angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek untuk keperluan pariwisata (Layanan Transportasi Pariwisata Di Bali) yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek (Permenhub 32/2016).
  • BAGUS Transport Bali juga tergabung dalam Persatuan Angkutan Wisata Bali (PAWIBA).

Sewa Bus Terbaik Di Bali

Sebagai perusahaan angkutan orang tidak dalam trayek untuk keperluan pariwisata wajib untuk:

  • Memiliki dan mengoperasikan armada sewa bus terbaik.
  • Memiliki tempat penyimpanan (Garasi/Pool) armada sewa bus terbaik.
  • Menyediakan fasilitas pemeliharaan armada sewa bus terbaik.
  • Mempekerjakan pengemudi yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Umum sesuai golongan armada sewa bus terbaik.

Reservasi Mudah Dan Cepat

  • Reservasi atau pemesanan layanan transportasi BAGUS Transport Bali online 24 jam untuk memudahkan proses reservasi atau pemesanan layanan transportasi pariwisata di Bali.

Spesialis Transportasi Pariwisata

  • Kami berpengalaman melayani jutaan masyarakat Bali pada khususnya serta wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang untuk liburan di Bali maupun berbisnis di Bali sejak tahun 2008.

Prioritas Utama Kenyamanan

  • Driver dan crew kami senantiasa mendapatkan pelatihan secara reguler guna memberikan kenyamanan transportasi pariwisata yang profesional sepanjang hari.

Galeri Video

Youtube Channel »

Harga Sewa Bus Di Bali

Berikut ini kami infokan harga sewa bus per jam, harga paket sewa bus, harga sewa bus untuk antar jemput, harga sewa bus untuk antar jemput bandara (airport shuttle bus) dan harga sewa mobil box di Bali.

  • Harga sewa bus di Bali sudah termasuk bus pariwisata, sopir/crew dan bahan bakar sesuai pemakaian.
  • Harga sewa bus belum termasuk biaya parkir dan biaya masuk jalan toll jika melewati.
  • Harga sewa bus berlaku untuk penjemputan di area Denpasar dan sekitarnya termasuk Sanur, Kuta, Seminyak, Legian, Jimbaran dan bandara Internasional Ngurah Rai.
  • Jika Anda memutuskan untuk melakukan pemesanan dengan menggunakan layanan lebih dari 2 (dua) hari kami berikan penawaran harga diskon sewa bus pariwisata.
  • Pastikan Anda telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan BAGUS Transport Bali.
  • Anda dapat juga melakukan pemesanan dengan cara datang langsung pada jam kerja ke lokasi kantor BAGUS Transport Bali.
  • Harga sewa bus sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Dapatkan Penawaran Harga Sewa Bus Dan Mobil Di Bali »

Layanan Sewa Bus Di Bali

BAGUS Transport Bali melayani seluruh wilayah Bali dan sekitarnya termasuk sewa bus di Denpasar, sewa bus di Badung, sewa bus di Tabanan, sewa bus di Jembrana - sewa bus di Negara, sewa bus di Singaraja - sewa bus di Buleleng, sewa bus di Karangasem - sewa bus di Amlapura, sewa bus di Bangli, sewa bus di Semarapura - sewa bus di Klungkung, sewa bus di Gianyar. Kami juga menyediakan paket sewa bus pariwisata untuk group wisata di Bali.

Sewa Bus Di Bali

  • Armada sewa bus pariwisata terbaru kami dilengkapi dengan fasilitas AC, TV, Audio, Karaoke, Reclining Seat dengan kapasitas tempat duduk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda serta untuk kenyamanan Anda selama berada di Bali.

Sewa Mobil Di Bali

  • Armada sewa mobil pariwisata kami tersedia dalam beberapa merk dan type mobil seperti Toyota, Suzuki, Honda, Daihatsu dan lain-lain.

Sewa Mini Bus Di Bali

  • Armada sewa mini bus pariwisata terbaru kami antara lain Toyota Hiace dan Isuzu ELF dilengkapi dengan fasilitas AC, TV, Audio, Karaoke, Reclining Seat.

Sewa Mobil Box Di Bali

Sewa mobil box di Bali untuk segala keperluan membawa barang-barang antara lain tas, koper, oleh-oleh, event wedding, outbound dan lain-lain.

Reservasi Sewa Bus Di Bali

Untuk reservasi online dan keterangan lebih lanjut tentang kami silahkan hubungi kami melalui menu Telepon atau Chat WhatsApp untuk mendapatkan harga promo terbaru dan termurah dari kami.

Jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga. Kami siap memberikan Info Terbaru » yang Anda butuhkan di Bali.

Layanan Pelanggan

  • Dukungan layanan pelanggan kami selalu siaga untuk melayani dan memastikan layanan transportasi yang kami berikan dapat memuaskan pengguna kami.
  • Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda ingin mendapatkan harga dengan pelayanan terbaik di Bali.
  • Hubungi kami untuk mendapatkan informasi tentang harga promo BAGUS Transport Bali.
  • Gunakan Telepon atau chat WhatsApp untuk mendapatkan informasi ketersediaan unit untuk melayani transportasi wisata Anda selama di Bali.
  • Kami akan memberikan informasi harga sewa dengan pelayanan terbaik di Bali sesuai kebutuhan transportasi untuk Anda selama di Bali.

Jam Kerja

  • Senin sampai dengan Jumat mulai jam 08:00 s.d. 17:00 Wita.
  • Sabtu mulai jam 10:00 s.d. 15:00 Wita.
  • Minggu dan Hari Raya/Hari Libur Nasional: TUTUP.
  • Operasional dan Reservasi Online » Nonstop 24 Jam.

Alamat

Jalan Raya Pemogan No.222, Pemogan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar Bali 80221 Indonesia

Lokasi Sewa Bus Di Bali

Petunjuk Arah »

Ketentuan Sewa Bus Di Bali

Pastikan Anda telah membaca syarat dan ketentuan BAGUS Transport Bali di bawah ini:

Pembayaran

  • Uang muka (deposit) minimal 50 (lima puluh) persen dari total biaya sewa dibayarkan saat pemesanan unit.
  • Pemesanan unit dianggap sah jika uang muka (deposit) telah dibayarkan kepada BAGUS Transport Bali.
  • Pelunasan sisa pembayaran total biaya sewa wajib dilakukan paling lambat 2 (dua) hari sebelum tanggal pemakaian.

Pembatalan

  • Pembatalan sepihak dari Anda dengan atau tanpa pemberitahuan 2 (dua) hari atau 1 (satu) hari sebelum tanggal pemakaian (hari H) dikenakan biaya ganti rugi sebesar 50 (lima puluh) persen dari total biaya sewa.
  • Pembatalan sepihak dari Anda dengan atau tanpa pemberitahuan pada tanggal pemakaian (hari H) maka total biaya sewa yang telah Anda bayarkan dinyatakan hangus 100 (seratus) persen dan tidak ada pengembalian biaya sewa.
  • Pembatalan pada tanggal pemakaian (hari H) yang diakibatkan keterlambatan, kelalaian atau kesalahan pihak kami maka seluruh total pembayaran biaya sewa akan kami kembalikan 100 (seratus) persen kepada Anda.
  • Pembatalan pada tanggal pemakaian (hari H) yang di sebabkan oleh force majeure seperti pembatalan penerbangan oleh maskapai penerbangan maka tidak ada pengembalian biaya sewa.

Deposit

  • Anda dapat melakukan pembayaran uang muka (deposit) dengan cara datang langsung pada jam kerja ke kantor BAGUS Transport Bali.
  • Kami menghargai waktu Anda yang berharga dan untuk memudahkan Anda juga dapat melakukan pembayaran uang muka (deposit) melalui transfer Bank ke nomor rekening resmi BAGUS Transport Bali.

Kebijakan Privasi

Kapan Kami Mengumpulkan Informasi

  • Kami mengumpulkan informasi hanya ketika Anda mendaftar, masuk ke akun, melakukan reservasi dan/atau ketika Anda keluar.
  • Data yang dikumpulkan mencakup nama, email dan nomor telepon.
  • Selain itu, kami menerima dan merekam informasi secara otomatis dari komputer dan peramban termasuk alamat IP, perlengkapan perangkat keras dan lunak serta halaman yang di akses.

Kapan Kami Menggunakan Informasi

Segala informasi yang kami kumpulkan digunakan untuk:

  • Personalisasi pengalaman dan tanggapan sesuai kebutuhan.
  • Menyediakan konten yang disesuaikan untuk meningkatkan situs kami.
  • Meningkatkan layanan pelanggan dan menghubungi melalui email atau nomor telepon.

Bagaimana Kami Melindungi Informasi

  • Kami adalah pemilik tunggal dari informasi yang dikumpulkan pada situs ini.
  • Informasi tidak akan dijual, dipertukarkan, di transfer atau diberikan kepada pihak lain dengan alasan apa pun tanpa mendapatkan izin.
  • Informasi digunakan hanya semata-mata untuk memenuhi permohonan dan/atau informasi reservasi kepada kami.
  • Kami mengikutkan pihak ketiga terpercaya yang membantu kami dalam mengoperasikan situs kami selama semua pihak setuju untuk menjaga kerahasiaan informasi.
  • Kami meyakini akan pentingnya berbagi informasi dalam rangka menyelidiki, mencegah atau mengambil tindakan menyangkut aktivitas ilegal, dugaan penipuan, keadaan yang melibatkan ancaman terhadap keamanan fisik seseorang, pelanggaran atas syarat-syarat penggunaan atau hal lain yang diwajibkan oleh hukum
  • Kami menerapkan berbagai langkah keamanan guna menjaga keamanan informasi pribadi.
  • Kami menggunakan enkripsi teknologi mutakhir untuk memproteksi informasi sensitif yang dikirimkan secara online.
  • Kami juga memproteksi informasi secara offline.
  • Komputer/server yang digunakan untuk menyimpan informasi disimpan dalam lingkungan yang aman.

Apakah Kami Menggunakan Cookie?

  • Ya, kuki meningkatkan akses ke situs kami. Namun, penggunaan kuki (cookie) tidak dikaitkan dengan informasi pribadi pada situs kami.
  • Kami menggunakan cookie untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk mengingat preferensi Anda, menghitung jumlah kunjungan ke halaman yang kami terima, membantu Anda mendaftar ke layanan kami, melindungi data Anda.
  • Cookie adalah sekelumit teks yang dikirim ke browser Anda oleh situs yang Anda kunjungi. Cookie membantu situs mengingat informasi mengenai kunjungan Anda seperti bahasa pilihan Anda dan setelan lainnya.
  • Hal tersebut dapat membuat kunjungan Anda berikutnya jadi lebih mudah dan situs menjadi lebih berguna bagi Anda. Cookie memainkan peran penting. Tanpanya, menggunakan web akan menjadi pengalaman yang jauh lebih menyulitkan.

Dengan menggunakan situs kami maka Anda telah setuju dengan kebijakan privasi kami.

Reservasi Online Sewa Bus Dan Mobil Di Bali