Artikel

Label Nakal Crayon Shinchan, Bukti Orangtua Asia Tak Pernah Salah

Label Nakal Crayon Shinchan, Bukti Orangtua Asia Tak Pernah Salah – Terminal Mojok

Saat hampir semua orang menyalahkan Nohara Shinnosuke—alias Shinchan—karena tingkahnya yang bengal, saya justru merasa amat iba kepadanya. Rasa kasihan ini tak lain timbul karena anggapan banyak orang terhadap Shinchan sebagai anak yang bengal, sulit diatur, dan menyusahkan orangtua. Masalahnya adalah Shinchan merupakan anak usia lima tahun dengan lingkungan sekolah yang baik, teman-teman lugu, dan juga …

Label Nakal Crayon Shinchan, Bukti Orangtua Asia Tak Pernah Salah Selengkapnya »

Dokter, Pasien Butuh Senyum Bukan Cuma Resep Obat

Dokter, Pasien Butuh Senyum Bukan Cuma Resep Obat – Terminal Mojok

Bulan April kemarin, saya menemani almarhum kakek ke Rumah Sakit Umum Daerah. Bengkak yang makin parah di lengan kanannya, membuat kami sekeluarga hendak merujuk beliau ke Rumah Sakit di ibukota provinsi. Hari itu saya mengantri di depan ruangan Poli Bedah, dari pagi hingga siang. Menunggui dokter yang kata perawat, masih punya urusan di luar sana. …

Dokter, Pasien Butuh Senyum Bukan Cuma Resep Obat Selengkapnya »

Tolong Dimengerti Bahwa Tidak Semua Orang Indonesia Suka Dangdut

Tolong Dimengerti Bahwa Tidak Semua Orang Indonesia Suka Dangdut – Terminal Mojok

“Saya orang Indonesia. Tapi saya tidak suka dangdut.” Pernyataan ini keluar dari mulut salah satu teman saya yang mungkin sudah muak dengan stereotip bahwa semua orang Indonesia pasti suka dangdut. Perlu dicatat bahwa dia hanya ada di level tidak suka—tapi bukan lantas membenci. Stereotip yang mengakar dan menyebar ini membuat dia merasa menjadi korban menyerataan …

Tolong Dimengerti Bahwa Tidak Semua Orang Indonesia Suka Dangdut Selengkapnya »

Akh Deddy Corbuzier Masuk Islam, Emang Ukh Lucinta Luna Nggak Boleh Bersyukur Juga?

Akh Deddy Corbuzier Masuk Islam, Emang Ukh Lucinta Luna Nggak Boleh Bersyukur Juga? – Terminal Mojok

Tanggal 21 Juni menjadi tanggal bersejarah bagi rakyat—khususnya umat Islam—Indonesia. Bukan karena pada tanggal itu Presiden Joko Widodo lahir dan Bung Karno wafat. Itu sih nggak penting-penting amat. Tapi, karena pada tanggal itu, Deddy Corbuzier resmi menjadi mualaf. Ahlan wa sahlan, Akh Deddy~ Bapak YouTube yang suka menyebut para pemirsa vlog-nya dengan Smart People—bukan mustahil …

Akh Deddy Corbuzier Masuk Islam, Emang Ukh Lucinta Luna Nggak Boleh Bersyukur Juga? Selengkapnya »

Pasar Tradisional dengan Segala Keunikan Transaksi dan Interaksinya

Pasar Tradisional dengan Segala Keunikan Transaksi dan Interaksinya – Terminal Mojok

Sebagai lelaki—saat masih remaja—saya sempat berpikir sudah sewajarnya malas pergi ke pasar tradisional. Sudahlah tempatnya jorok, becek, ditambah bau menyengat di mana-mana karena bercampurnya pedagang daging, ikan, sayur, dan lain sebagainya. Itu kenapa setiap diminta tolong Ibu untuk pergi ke pasar, saya selalu ogah-ogahan dan hanya sesekali ikut jika diiming-imingi dibelikan jajanan. Lalu dengan naifnya …

Pasar Tradisional dengan Segala Keunikan Transaksi dan Interaksinya Selengkapnya »

Jagung Titi, Tuak Putih dan Wasiat Terakhir Mama

Jagung Titi, Tuak Putih dan Wasiat Terakhir Mama – Terminal Mojok

Yang namanya rindu tidak akan lekang termakan waktu. Rindu itu adalah berkat yang paling sulit dibahasakan dengan kata maupun dengan kalimat yang panjang. Menemukan kembali kerinduan itu hanya dengan satu cara yakni kembali. Dan, aku bersepakat pada diriku sendiri bahwa aku harus berjumpa dengan rindu itu. Malam hampir larut kira-kira pukul 20.00 WITA. Dingin selalu …

Jagung Titi, Tuak Putih dan Wasiat Terakhir Mama Selengkapnya »

Aduh Mbak, Awas Badan Binasa

Aduh Mbak, Awas Badan Binasa – Terminal Mojok

Wanita yang selalu duduk bersama-sama pada acara arisan atau pernikahan, selalu lupa satu hal yakni ketidaksinkronan antara hal yang dibicarakan melalui mulut dan hal yang menjadi kenyataan. Aduh Mbak, awas badan binasa. Maryati—tetangga sebelah rumah yang menjanda berpuluh-puluh tahun adalah seorang ibu rumah tangga yang akrab disapa Mar. Wanita itu cantik, bertubuh seksi namun sayang …

Aduh Mbak, Awas Badan Binasa Selengkapnya »

Menanggapi Lamanya Waktu yang Dibutuhkan Wanita Saat Berdandan

Menanggapi Lamanya Waktu yang Dibutuhkan Wanita Saat Berdandan – Terminal Mojok

Rasanya sudah menjadi rahasia umum—atau mungkin disadari oleh sebagian wanitanya sendiri—jika dandan seringkali seorang wanita membutuhkan waktu lebih banyak –paling tidak dibanding laki-laki. Beberapa di antara teman lelaki pun sering mengeluh jika waktu menunggu pacarnya dandan sudah tiba. Kebanyakan dari mereka melontarkan kalimat, “lama banget dandannya sampe sejam—tahu gitu push rank dulu aja tadi!” Tak …

Menanggapi Lamanya Waktu yang Dibutuhkan Wanita Saat Berdandan Selengkapnya »

Senja Kelabu di Hari Minggu

Senja Kelabu di Hari Minggu – Terminal Mojok

Aku selalu suka menyendiri jika hari sudah sore saat senja menjelang—menulis puisi atau cerpen sembari ditemani secangkir kopi dan kretek. Kebiasaan ini sering kulakukan semenjak ditinggal pergi oleh mendiang istriku untuk selama-lamanya—di saat usia pernikahan kami sudah berjalan 30 tahun lamanya. Kala itu aku masih berumur 55 tahun dan istriku berumur 45 tahun. Jarak umur …

Senja Kelabu di Hari Minggu Selengkapnya »

Menghilangkan Jerawat Membandel Dengan Cara Menikah

Menghilangkan Jerawat Membandel Dengan Cara Menikah – Terminal Mojok

Memiliki jerawat, khususnya di area wajah tentu sangat menjengkelkan. Baik pria atau perempuan saya rasa akan sepakat, bahwa penyakit kulit yang satu ini cukup membuat kadar percaya diri sedikit menurun. Saya menyangka, bahwa segerombolan jerawat ini sungguh tak tahu malu, sudah diusir kayak apa pun pasti bakal datang lagi datang lagi. Dan tiap kali jerawatan …

Menghilangkan Jerawat Membandel Dengan Cara Menikah Selengkapnya »